KPPS Tak Netral, KPUD Tanjabbar Siapkan Pakta Integritas

KPPS Tak Netral, KPUD Tanjabbar Siapkan Pakta Integritas

IndoElection.com, Tanjab Barat -‎ Tidak lebih dari dua bulan, masyarakat Tanjab Barat akan mengikuti pesta demokrasi, momen lima tahunan yang juga menentukan pembangunan dalam lima tahun ke depan.

Berbicara soal pemilihan kepala daerah atau pemilu, tidak bisa lepas dari pemetaan daerah rawan, karena daerah-daerah seperti itu harus mendapat antisipasi khusus.

Di Tanjab Barat tercatat yang masuk kategori daerah rawan ialah perbatasan antar provinsi maupun kabupaten, karena dikhawatirkan terjadi eksodus di daerah tersebut.

Apalagi Tanjab Barat berbatasan dengan banyak daerah seperti Tanjung Jabung Timur, kemudian Kabupaten Tebo dan juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Inhil Riau Daratan.

Kemudian daerah yang aksesnya sulit serta jauh dari pusat kota juga termasuk sebagai daerah rawan, seperti Kecamatan Senyerang. Dan kawasan perusahaan juga disebut sebagai daerah rawan.

Untuk ini Sekretaris KPUD Sutrisno mengaku pihaknya sudah melakukan antisipasi, namun tidak khusus, hanya mengerahkan PPS dan PPK untuk intens memantau. “Atau mungkin kepolisian juga sudah memetakan dan melakukan pengawasa,” sebutnya.

Kemudian dilaksanakan bintek ke KPPS, dan memastikan bahwa penyelenggara pemilu di TPS tau dengan warganya. “Dengan begitu kemungkinan untuk mengalihkan surat suara atau disalah gunakan akan terpantau,”.

Selanjutnya yang harus diantisipasi oleh KPUD terkait netralitas KPPS, mengingat posisi KPPS sangat rentan disalahgunakan. Karena itu KPUD sebut Sutrisno juga bikin edaran ke penyelenggara untuk netral.

“Nanti kalau sudah terbentuk (KPPS) ada fakta integritas yang ditandatangani. Kalau terjadi keberpihakan mereka sudah melanggar fakta integritas dan bisa dipidana,” tegas dia. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*