Kisruh DPTb, KPU Depok Pleno Ulang DPT Pilkada

Kisruh DPTb, KPU Depok Pleno Ulang DPT Pilkada

IndoElection.com, Depok – Komisi Pemilihan Umum Kota Depok melakukan rapat pleno ulang daftar pemilih tetap di kantor KPUD Kota Depok, Minggu 8 November 2015. Pencermatan kembali DPT ini berdasarkan rekomendasi panitia pengawas pemilu kota yang menemukan pembengkakan jumlah pemilih sebanyak 111 orang di DPTb 1 di tempat pemungutan suara 12 di Kelurahan Serua, kecamatan Bojongsari.

Anggota Komisi Suwarna Wiryasumarta mengatakan pleno ulang ini berdasarkan rekomendasi dari Panwaslu kota atas temuan peningkatan yang cukup dignifikan jumlah pemilih DPTb1 di TPS 12 Serua. Untuk itu, KPU RI mengeluarkan surat edaran 729/KPU/X/2015 perihal pencermatan ulang DPT. “Yang kami lakukan sudah sesuai aturan,” kata Suwarna.

Ia mengatakan pleno ulang ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan surat suara di TPS tersebut. Dalam rapat pleno ini sebanyak 111 pemilih di DPTb 1, dimasukan ke data DPT. Adapun KPU telah memplenokan penambahan DPTb 1, sebanyak 1.176 pemilih. Total DPT Depok sebanyak 1.221.981 pemilih. Menurutnya kesalahan dalam input data itu terjadi tanpa disengaja. Petugas di tingkat kelurahan dan kecamatan salah dalam menginput data.

Ketua Panwaslu Andriansyah mengatakan pleno tersebut atas permintaan Panwaslu. Meski begitu, pemindahan pemilih dari DPTb 1 ke DPT, sudah dikoordinasikan dengan Bawaslu dan KPU RI. “Bila tidak dilakukan seperti ini, bakal ada TPS yang terancam kekurangan surat suara,” ujarnya.

Bila tidak dilakukan pleno ulang dipastikan TPS tersebut kekurangan surat suara karena jumlah peningkatan DPTb 1 nya sangat signifikan. “Ini kelalaian penyelenggara,” ucapnya. (ren)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*