Ketua KPU Riau: Partai Berperan Besar dalam Percepatan Pilkada

Ketua KPU Riau: Partai Berperan Besar dalam Percepatan Pilkada

IndoElection.com, Riau – Pelaksanaan Pilkada 2015 diharapkan mampu mempercepat proses demokrasi, yang dilakukan oleh partai, sehingga bisa mempengaruhi pemilih, untuk membentuk persepsi publik menjadi positif. Sebaliknya, jika elit partai tidak demokrasi, maka, terjadilah perlambatan demokrasi dalam masyarakat.

“Bentuk demokrasi dalam partai misalnya musyawarah internal, atau konvensi. Sehingga proses demokrasi internal akan memberikan contoh ke publik, bahwa psoses yang dilakukan dalam partai berjalan dengan transparan dan fair,” ujar Ketua KPU Riau, Nurhamin.

Di Riau sendiri menurut Nurhamin ia belum melihat percepatan tersebut terjadi. Karena masih terfokus kepada kelompok, karena pengurus partai masih sangat terbatas. “Sehingga prosesnya pun terbatas pada persoalan keluarga dan kekangan kolega,” ujarnya.

Padahal, menurut Nurhamin, proses yang fair akan memberikan kontribusi percepatan demokrasi di Riau. dia juga menjelaskan, moderasisasi politik akan lebih cepat terjadi jika kemauan kelas menengah aktif membentuk kelas awam, dalam prilaku memilih yang demokrasi.

“Kelas menengah adalah kelompok pendidikan, tokoh adat, elit birokrat, tokoh agama, sebagai penentu kedaulatan ekonomi untuk pengikutnya. Kemudian penopang negara sebagai penyangga kekuasaan politik negara bisa memberikan motivasi serta edukasi dalam percepatan demokratis,” tuturnya.

Nurhamin juga menyampaikan materi tersebut dalam seminar internasional, di Univercity of Oxford, Inggris, beberapa waktu lalu, bersama negara-negara lainnya. Ia sendiri terpilih untuk mewakili Indonesia. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*