Kesbangpol Sleman Usulkan Bebas Retribusi APK

Kesbangpol Sleman Usulkan Bebas Retribusi APK

IndoElection.com, Sleman – Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman mengajukan pembebasan retribusi pajak pada pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pasalnya, titik pemasangan berada di lokasi strategis iklan tepi jalan.

Kasie Wawasan Kebangsaan dan Politik Kantor Kesbangpol Sleman, Sutrisno mengatakan pengajuan tersebut diajukan kepada intansi pemerintahan yang membawahi retribusi iklan. Baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun pusat.

“Harapannya retribusi pajak dibebaskan karena pemasangan APK ditanggung oleh APBD Sleman. Kami ajukan kepada DPUP Sleman, DPUP DIY, serta Balai Besar Jalan Nasional,” paparnya, Jumat (4/9/2015).

Menurutnya berdasarkan kesepakatan bersama KPU dan tim sukses masing-masing pasangan calon bupati-wakil bupati, titik pemasangan APK tersebar di jalan milik kabupaten, provinsi, dan nasional.

Adapun titik-titik pemasangan antara lain untuk baliho Jalan Magelang tepatnya di simpang empat Denggung; simpang empat Demakijo; simpang Ngablak, Tempel; simpang tiga Pakem; serta simpang tiga Sambilegi, Maguwoharjo.

“Sedangkan untuk spanduk terdapat 172 titik yang tersebar di 86 desa di Sleman,” ungkapnya.

Ia menjelaskan apabila retribusi pajak dibebankan pada pemasangan APK, maka dapat berimbas pada pembengkakan anggaran. Kendati demikian, pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan kejelaskan terkait hal tersebut.

“Tinggal menunggu jawaban, sementara APK juga masih dalam pengadaan,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga KPU Sleman, Imanda Yulianto mengatakan hingga saat ini belum ada satupun APK yang dipasang. Hal ini lantaran pengadaannya belum selesai.

“Untuk spanduk sudah sekitar 45 persen. Sedangkan baliho, masih menunggu persetujuan hasil cetaknya dari masing-masing tim sukses,” katanya.

Desain APK, kata Imanda, ditentukan oleh tim sukses masing-masing paslon. Setelah desain diterima oleh KPU, maka akan ditindaklanjuti oleh percetakan yang telah ditunjuk.

“Setelah semuanya selesai dicetak, maka baru akan dipasang pada titik-titik yang sudah ditentukan,” ujarnya. (feb)

Categories: Eksekutif

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*