Kasus Pidana Paslon Akan Diproses Setelah Pilkada

Kasus Pidana Paslon Akan Diproses Setelah Pilkada

IndoElection.com, Solo – Pasangan calon (Paslon) yang terlibat tindak pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan diproses hukum setelah selruh tahapan pesta demokrasi itu selesai.

Menurut Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ahmad Lutfi, hal itu sesuai dengan instruksi Kapolri yang dijadikan acuan bagi jajaran penegak hukum di bawahnya untuk memproses pelanggaran pilkada yang masuk ranah pidana.

”Kapolri menginstruksikan agar menunda dulu penyidikan terhadap paslon yang terlibat perkara pidana dalam Pilkada sampai seluruh tahapan selesai. Hal tersebut kami jadikan pijakan dalam mengambil langkah hukum terhadap paslon,” kata Kapolres saat memberikan materi dalam Sosialisasi Pengawasan Pilkada Kota Surakarta 2015 yang digelar Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu.

Dikemukakan, instruksi tersebut didasarkan pada pertimbangan supaya tak terjadi konflik yang bisa mengganggu tahapan pelaksanaan Pilkada.

Kapolres mengemukakan, tindak pidana dalam Pilkada termasuk tindak pidana khusus karena berbeda dengan kasus pada umumnya. Hal itu diatur dalam UU No 8 tahun 2015. Salah satu yang termasuk di dalamnya yakni larangan untuk melakukan kampanye yang menyangkut SARA. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*