Kasus Pelanggaran Airin-Benyamin, Bawaslu Minta Panwas Tangsel Lakukan Investigasi

Kasus Pelanggaran Airin-Benyamin, Bawaslu Minta Panwas Tangsel Lakukan Investigasi

IndoElection.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meminta Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah Tangerang Selatan melakukan investigasi terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan calon kepala daerah petahana, yakni Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Benyamin Davnie.

Hal ini diputuskan Bawaslu sebagai tindaklanjut atas laporan yang disampaikan pasangan calon Wali Kota Tangsel Ikhsan Modjo Li Claudia Chandra.

Pasangan calon tersebut mengadu ke Bawaslu setelah Panwaskada Tangsel dinilai lambat menindaklanjuti laporan mereka terkait Airin-Benyamin.

“Prinsipnya bahwa agar Panwas ambil empat langkah. Pertama, melakukan investigasi yang lebih mendalam terkait beberapa aktivitas yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon, khususnya petahana, terkait dugaan pemanfaatan fasilitas milik negara maupun Pemda,” kata Komisioner Bawaslu RI Nasrullah, Rabu (4/11/2015).

Selain itu, Bawaslu meminta Panswaskada melakukan investigasi atas dugaan pemanfaatan program atau kegiatan milik Pemda Tangerang Selatan oleh Airin-Benyamin untuk kepentingan pilkada.

Bawaslu juga meminta Panswaskada melakukan investigasii dan memastikan apakah Airin-Benyamin melakukan mobilisasi aparatur sipil negara (ASN) atau melibatkan ASN dalam upaya pemenangannya.

“Poin keempat, kami minta Panwas investigasi apakah ada aparatur sipil negara yang sengaja atau tidak sengaja terlibat dalam aktivitas kampanye dan lain sebagainya yang memberi keuntungan kepada salah satu kandidat,” tutur Nasrullah.

Keputusan itu disepakati di hadapan tim Ikhsan-Li Claudia dan Panwas dengan dimediasi oleh Bawaslu RI.

Menurut Nasrullah, keputusan tersebut diambil semata-mata bukan untuk memuaskan salah satu pihak, melainkan mengambil jalan tengah agar masalah tersebut bisa diselesaikan dan pilkada Tangerang Selatan berjalan lancar. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*