Kapolres Semarang: Masa Kampanye Panjang Rentan Gesekan

Kapolres Semarang: Masa Kampanye Panjang Rentan Gesekan

IndoElection.com, Ungaran – Masa kampanye Pilkada 2015 dinilai panjang daripada kegiatan serupa sebelumnya. Kalau tidak sisikapi oleh beberapa pihak, termasuk aparat keamanan dan pasangan calon yang maju tentunya akan rawan terjadi gesekan.

“Situasi seperti ini harus dipertahankan hingga penetapan Bupati dan Wakil Bupati nanti,” ujar Kapolres Semarang, AKBP Latif Usman di Restoran Mang Engking, Ungaran, Kamis (1/10).

Dalam pertemuan yang ia gagas kemarin, hadir Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Budi Rahmawan, dua pasangan calon bupati dan wakil, tim sukses, perwakilan KPU serta Panwaslu. Melalui pertemuan yang sudah digelar kali kedua tersebut, Kapolres yakin sedikit banyak bisa meredam terjadinya konflik. “Calon dan tim sukses diharapkan bisa menjaga emosi. Jangan sampai para pendukung lepas kendali hingga mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan,” tegasnya.

Dandim/0714 Salatiga, Letkol Inf Budi Rahmawan menuturkan, apabila terjadi konflik pihak yang paling dirugikan adalah masyarakat. Sementara itu, menyikapi banyaknya alat peraga kampanye (APK) yang rusak, Kapolres menambahkan, pihaknya sudah memerintahkan Babinkamtibmas dan para Kapolsek di wilayah hukum Polres Semarang melakukan penjagaan terhadap seluruh APK yang terpasang. “Kalau ada yang rusak silahkan laporkan ke KPU,” ucapnya. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*