Kampanye Sudah Jalan, Airin-Benyamin Belum Juga Ajukan Cuti

Kampanye Sudah Jalan, Airin-Benyamin Belum Juga Ajukan Cuti

IndoElection.com, Serang – Kendati Pilkada serentak tahun ini telah memasuki masa kampanye sejak 27 Agustus 2015 lalu, Pemerintah Provinsi Banten belum menerima surat permohonan cuti pasangan petahana Pilkada Tangsel, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie. Hal tersebut diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Banten Sitti Ma’ani Nina, Selasa (1/9/2015).

Menurut Nina, seharusnya pasangan petahana telah mengajukan cuti, karena telah memasuki masa kampanye. “Sesuai aturan yang ditetapkan KPU Tangsel untuk calon petahana, mereka harus mengajukan cuti sebelum melakukan kampanye,” kata Nina.

Nina melanjutkan, cuti masing-masing calon hanya dilakukan pada saat caalon bersangkutan berkampanye, atau tidak harus mengambil cuti selama masa kampanye berlangsung.

“Jadwal kampanye kan sampai 5 Desember, kalau yang kampanye hanya Ibu Airin, yang memerintah sementara wakilnya . Kalau berdua cuti, yang memimpin kota sementara Sekretaris Daerah,” katanya.

Terkait proses cuti, menurut Nina prosesnya tidak akan lama. Jika dinilai persyaratannya telah dipenuhi, maka surat cuti akan langsung di tanda tangani Gubernur Banten Rano Karno.

Sementara, hingga berita ini diturunkan, Ketua KPU Tangsel Muhamad Subhan belum bisa dikonfirmasi. Nomor telepon genggam miliknya dalam keadaan tidak aktif.

Terkait aturan wajib cuti bagi perahana, diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil WaliKota perihal kampanye pemilihan oleh pejabat negara.

Pada pasal 61 disebutkan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota, pejabat negara lainnya dan pejabat daerah dapat ikut dalam kampanye dengan mengajukan cuti kampanye sesuai dengan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (feb)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*