Jumlah Pemilih Sementara Pilkada Purbalingga 740.387 Orang

Jumlah Pemilih Sementara Pilkada Purbalingga 740.387 Orang

IndoElection.com, Purbalingga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada pilkada 2015 ini sebanyak 740.387 orang. “Rinciannya, laki-laki 372.452 orang dan perempuan 367.935 orang,” kata Ketua KPU Sri Wahyuni, kemarin.

Dia menuturkan, setelah ditetapkan maka DPS itu akan diperbanyak untuk diumumkan di setiap kantor kelurahan dan desa. Setiap desa/kelurahan akan diberi 2 salinan. “Yang satu agar dipasang di kantor desa/kelurahan, satunya lagi agar dipasang di tempat yang strategis. Tujuannya agar bisa dibaca dan diketahui masyarakat banyak,” katanya.

Yuni meminta masyarakat tidak hanya membaca melainkan juga mencermati DPS itu. Tidak hanya nama dirinya sendiri melainkan juga saudara atau tetangganya. “Barangkali ada nama yang tidak valid, mungkin sudah pindah, meninggal atau berubah data maka agar melaporkan hal itu kepada KPPS di desa,” katanya.

Dia menambahkan, DPS ini akan diumumkan mulai 10-19 September. Selama kurun waktu itu masyarakat diminta berpartisipasi aktif untuk mencermati daftar itu. “Jika ada masukan dari masyarakat maka akan dilakukan validasi dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan ditetapkan pada awal Oktober nanti,” katanya.

Kepada kepala kelurahan, kades, perangkat, dia minta untuk tak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk aktif melihat DPS namanya sudah tercantum atau belum. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*