Jumlah Pemilih Sementara Pilkada Agam Mencapai 334.400 Orang

Jumlah Pemilih Sementara Pilkada Agam Mencapai 334.400 Orang

IndoElection.com, Agam – Jumlah pemilih sementara Kabupaten Agam pada pemilihan kepala daerah serentak 2015 diperkirakan mencapai 334.400 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam, Alhadi di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan jumlah ini merupakan perkiraan sementara setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 16 kecamatan melakukan rapat pleno.

Namun jumlah pemilih pasti diketahui setelah rapat pleno tingkat Kabupaten Agam, akan digelar di KPU setempat pada Rabu (2/9).

“Dengan telah dilakukan rapat pleno tersebut, maka kita akan mengetahui jumlah pemilih di Kabupaten Agam,” katanya.

Dengan data ini, katanya, jumlah pemilih di Agam pada Pilkada serentak nanti terjadi penambahan sekitar 12.641 orang, karena data pemilih sementara sebanyak 331.359 orang.

Penambahan ini akibat banyaknya pemilih formula, warga yang pindah dari daerah lain dan lainnya.

Sebelumnya, kata Alhadi, KPPS di 82 nagari se-Kabupaten Agam melakukan rapat pleno penetapan pemilih dan dilanjutkan rapat pleno tingkat PPK.

Ia menambahkan, pemutakiran daftar pemilih ini dimulai pada 14 Juli sampai 19 Agustus 2015 dengan melibatkan 1.134 petugas pemutakiran daftar pemilih (PPDP).

“Mereka ini telah memiliki SK oleh KPU Agam dan kemungkinan jumlah petugas ini akan ditambah,” katanya.

Pendataan ini mengunakan kartu tanda penduduk dan bagi mereka yang tidak memiliki KTP Kabupaten Agam, maka mereka tidak didata atau bisa memilih. (ren)

Categories: Data Pemilih
Tags: #PilkadaAgam

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*