Jumlah Pemilih Pilkada Grobogan Dipastikan Turun

Jumlah Pemilih Pilkada Grobogan Dipastikan Turun

IndoElection.com, Semarang – Usai pemuktahiran data pemilih Pilkada 9 Desember, terdaftar 1.064.421 orang. Namun jumlah itu belum sepenuhnya akan memberikan suaranya saat pemilihan bergulir. Bahkan dapat dipastikan menurun dari jumlah partisipasi sebelumnya.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif mengatakan prosentase pemilih di Kabupaten Grobogan terus menurun. Pada pemilihan legislatif pada 2014 lalu saja jumlah partisipasi hanya sebesar 66%. Sedangkan pada pemilihan kepala daerah 2011 lalu, prosentase pemilih hanya sebesar 67% saja.

“Padahal di pileg sebelum 2014 prosentase pemilihnya ada 80% dan pilkada 2006 ada 70%. Permasalahan selama ini ada di administrasi pemilihan, sebab pada saat hari ‘H’ pemilih banyak yang tidak di tempat. Untuk tahun ini nanti kami belum tahu apakah juga menurun atau tidak,” kata Afrosin Arif.

Menurutnya, ketidakhadiran pemilih yang sudah terdaftar itu dikarenakan merantau, sehingga saat pelaksanaan tidak bisa datang.

Afrosin menambahkan, pihaknya tetap memasukannya dalam daftar pemilih, lantaran tidak ingin terjadi permasalahan dikemudian hari. Namun, pihaknya juga tetap mendiskusikan hal itu dengan beberapa pihak, sebab itu berkaitan pada pengadaan logistik pilkada.

“Sebenarnya bisa saja mereka tidak kami cantumkan, karena nanti saat mereka kembali ‘pas’ hari ‘H’ tetap bisa nyoblos dengan menunjukan KTP atau identitas lain. Tapi permasalahannya kesediaan logistik surat suara saat coblosan nanti pasti timbul persoalan, meski itu ada stok cadangannya,” ujar Afrosin. (dik)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*