Jumlah DPT Pilkada Kota Depok Bertambah 1.176 Orang

Jumlah DPT Pilkada Kota Depok Bertambah 1.176 Orang

IndoElection.com, Depok – Daftar Pemilih Tetap di Kota Depok bertambah 1.176 orang. Tambahan DPT itu bisa terjadi karena ada warga yang terlewati saat proses pendataan untuk DPT.

Komisioner KPU Depok Suwarna Wiryasumatra mengatakan, adanya penambahan jumlah pemilih membuat data DPT bertambah dari sebelumnya 1.221.981 orang menjadi 1.223.157 orang.

Dia menambahkan, pemilih yang belum terdaftar masih bisa memilih dengan menggunakan KTP.

Dari penambahan itu, jumlah pemilih laki-laki meningkat dari sebelumnya 608.407 orang menjadi 609.035. Sementara jumlah pemilih perempuan bertambah dari 613.574 orang menjadi 614.122 orang.

Selain itu, jumlah TPS pun mengalami penambahan dari sebelumnya 3.235 menjadi 3.544.

“Data tambahan yang kami umumkan, itu baru DPTb 1. Untuk DPTb 2, nanti ketika hari H perhitungannya,” kata dia, Kamis (29/10/2015).

Dia mengatakan, pemilih yang belum terdaftar bisa berpartisipasi asalkan telah mendaftar satu jam sebelum pencoblosan dimulai.

Pendaftar pada hari pencoblosan harus melakukan registrasi di TPS yang sesuai dengan alamat yang tercantum di KTP.

Dia mengonfirmasikan, kendala teknis sempat terjadi pada saat rapat pleno tingkat kecamatan, tepatnya di Kecamatan Cimanggis.

Tim sukses pasangan calon dan panwaslu sempat memprotes Panitia Pemilihan Kecamatan Cimanggis. Protes terjadi karena PPK membuat sifat rapat pleno tertutup dan penyelenggaraannya dilakukan sehari sebelum tanggal yang dicantumkan dalam undangan pada 27 Oktober 2015.

Dia mengatakan, telah memberikan SP 1 kepada PPK Cimanggis terkait hal tersebut. Suwarna menambahkan, persoalan tersebut telah dianggap selesai dan setiap pihak yang hadir dalam rapat pleno tingkat kota telah menyepakati data DPT tambahan.

“Sampai rapat pleno tingkat kota, kami tidak menerima laporan adanya masalah. Oleh karena tidak ada laporan, kami kira masalah tersebut telah selesai pada tingkatan kecamatan,” ujarnya. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*