Jumlah DPS Pilkada Di Klaten Mencapai 1.049.433 Pemilih

Jumlah DPS Pilkada Di Klaten Mencapai 1.049.433 Pemilih

IndoElection.com, Klaten – KPUD Klaten menetapkan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Klaten sebanyak 1.049.433 orang. Hal itu terungkap dari rapat pleno penetapan DPS, yang dilangsungkan, tanggal 1-2 September 2015.

Ketua KPUD Klaten Siti Farida mengungkapkan, rapat tersebut digelar guna menentukan jumlah pemilih sementara, di Klaten.

Farida menjelaskan, pengumuman DPS tersebut akan dapat dilihat oleh masyarakat pada tanggal 10 September 2015.

“Nantinya tanggal 10 ini, masyarakat dapat melihat DPS. Disitu terpampang apakah yang bersangkutan telah terdaftar atau belum. Kalau belum bisa melaporkan PPK atau PPS,” tuturnya, Selasa (1/9/2015).

Menurutnya, untuk DPS tersebut belumlah hasil final. Jika pada pengumuman kepada masyarakat ada penambahan ataupun koreksi, maka petugas berwenang akan meng-update daftar tersebut. Sehingga akan diperoleh daftar pemilih tetap (DPT).

Dalam rapat pleno tersebut, sempat diwarnai dengan protes dari seorang anggota Panwaskab Klaten, Agung Setiabudi.

Dirinya mempersoalkan, terdapat perbedaan data yang dikantonginya dengan hasil rapat pleno KPUD Klaten, terutama di wilayah Wonosari.

Selain itu, ia juga memersoalkan tentang tidak adanya kesepahaman mengenai pemilih yang wajib dicoret maupun tidak.

“Selain itu, pada data pemilih sementara juga tidak ada margin erornya. Ini kan hitung-hitungan manusia, pasti ada salahnya. Namun untuk hasil akhir ditingkat kabupaten hasilnya tidak berbeda, hanya di Wonosari tadi,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Farida menjelaskan, bahwa jika ada protes pada tingkat kecamatan, maka harus diselesaikan di tingkat tersebut.

Selanjutnya terkait dengan margin eror, DPS merupakan data nyata, yang diperoleh dari penelitian faktual dan bukan dihitung berdasarkan sampling.

Namun demikian, dirinya mengapresiasi masukan dari panwaskab Klaten.

Pihaknya mempersilakan semua kalangan untuk turut mengkritisi dan memperhatikan KPUD Klaten, serta memberikan perbaikan atas DPS menuju DPT yang lebih baik dan benar. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*