Inilah Janji Tiga Paslon Gubernur Sulut Dalam Pengembangan Pulau Terluar

Inilah Janji Tiga Paslon Gubernur Sulut Dalam Pengembangan Pulau Terluar

IndoElection.com, Manado – Tiga calon Gubernur Sulut beradu program pengembangan pulau – pulau terluar Sulawesi Utara (Sulut). Masing – masing menjanjikan akan meningkatkan kesejahteraan warga kepulauan jika terpilih nanti.

Olly Dondokambey melalui Ketua Tim Pemenangan OD – SK Djenri Keintjem mengatakan, program Olly mengacu pada program Nawacita Jokowi.

Pemberdayaan pulau – pulau terluar menjadi salah satu prioritas dalam Nawacita. “Dengan begitu, program kami juga memprioritaskan masalah kepulauan,” kata dia.

Djendri mengatakan, salah satu program Jokowi yang akan diwujudkan adalah tol laut. Untuk itu, pelabuhan akan disiapkan beserta infrastrukturnya. “Agar tol laut terwujud, perlu pelabuhan serta sarana penunjang lainnya,” kata dia.

Menurut Djendri, adanya tol laut akan mempercepat pembangunan di wilayah kepulauan. Arus perdagangan akan meningkat, dampaknya, komediti warga setempat akan laku.

Diungkap Djendri, pembangunan di wilayah kepulauan akan digencarkan dengan mengundang investor.

Beberapa waktu lalu, Olly mengajak James Riady berkunjung di tanah Parodisa. Hasilnya, sebuah rumah sakit akan dibangun disana. “Mereka juga janjikan bangun sekolah serta infrastruktur lainnya,” kata dia.

Untuk masalah air bersih, beber dia, Olly sudah melakukan identifikasi masalah. Masalah tersebut banyak disebabkan oleh putusnya garis antara pusat dan daerah. Problemnya adalah ketiadaan profil tank.

Hal itu dikarenakan belum adanya seruan tanggap bencana dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat tak bisa berbuat apa – apa.

“Jika pak Olly jadi Gubernur, ada garis yang jelas antara pusat dan daerah, garisnya pak Jokowi pusat, Gubernur Olly sementara Kabupaten kader PDI Perjuangan, dengan begitu program akan sinkron antara pusat dan daerah,” kata dia.

Calon Gubernur yang diusung partai Golkar Benny Mamoto juga punya konsep pembangunan wilayah kepulauan.

Dalam konferensi pers saat pendaftaran lalu, Benny sempat menyatakan keinginannya untuk memberantas narkoba di Sulawesi Utara. Wilayah pulau terluar bisa dijadikan tempat penyelundupan narkoba. “Saya ingin Sulut bebas narkoba,” kata dia.

Sementara, Maya Rumantir beberapa waktu lalu mengatakan dirinya ingin semua warga Sulut sejahtera.

Salah satu isi dari program andalannya yakni Panca Asa Mulia adalah Sulut Sejahtera. “Semua warga Sulut harus sejahtera, utamanya warga di kepulauan, kita akan bangun kepulauan sesuai dengan potensi yang dimiliki yakni perikanan serta pariwisata,” kata dia. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*