Inilah 4 Cara Mudah Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional

Inilah 4 Cara Mudah Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional

Seberapa pentingkah kecerdasan emosional dalam kehidupan manusia ? Jawabannya adalah sngat penting, karena hal itu akan menentukan kehidupan kita dalam menuju kesuksesan. Para psikoog terkemuka mengatakan bahwa perilaku EQ alias kecerdasan emosional, tidak bisa dilihar dari kemampuan EQ-nya saja, melainkan harus dilihat dari setiap clusternya. Dengan kata lain, hal itu tidak hanya tergantung pada kemampuan yang bersifat empati, melainkan harus dilihat dari kemampuan  ia dalam berorientasi didalam kelompok. Lantas, bagaimana cara kita dalam meningkatkan kecerdasan emosional ? Tanpa banyak panjang lebar lagi, berikut dibawah ini ada 4 cara mudah dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional :

  1. Kenali Emosi Diri Sendiri

Dalam hal yang pertama ini, kamu bisa mengetahui apa saja yang benar-benar kamu rasakan. Disaat emosi itu muncul, kamu harus bisa memahami pesan apa yang disampaikan dari emosi tersebut. misalkan saja pesan dari emosi tersebut seperti rasa takut, frustasi, kesepian, kecewa, merasa bersalah, sakit hati, dan marah.

  1. Lepaskan Emosi Yang Bersifat Negatif

Dalam hal yang kedua ini, kamu akan menyadari dampak dari emosi negatif yang akan terjadi pada diri sendiri. Misalkan saja kamu memiliki beban pekerjaan yang terlalu berat, sehingga rasa frustasi pun mulai menyelemuti pikiran. Alhasil, rasa frustasi itu pun akan berimbas pada suasana pekerjaan yang menjadi tidak nyaman. Bahkan, hal ini juga kerap mempengaruhi hubungan kerja yang berakhir dengan rusaknya hubungan mitra kerja. Sedari itu, kamu harus melepaskan emosi yang bersifat negatif, agar orang-orang sekitar dapat memahami apa yang sedang kamu alami.

  1. Mengendalikan Emosi Diri Sendiri

Entah itu emosi yang bersifat baik maupun yang buruk, semua emosi tersebut merupakan tanda bagi kamu untuk melakukan tindakan agar segera menyelesaikan munculnya emosi dalam diri. Dengan kata lain, emosi itu adalah awal dan bukan hasil akhir dari semua kejadian. Sedari itu, kita harus pandai-pandai dalam mengendalikan emosi diri sendiri, agar terhindar dari semua hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Selain harus mengendalikan emosi diri sendiri, kamu juga harus pandai dalam memotivasi diri sendiri. Apabila kamu bisa memotivasi diri sendiri, maka sesulit apapun pekerjaan yang kamu hadapi dapat ditaklukkan meski hasilnya belum tentu sesuai. Dengan kata lain, memotivasi diri sendiri itu lebih cenderung ke sifat optimis alias tidak mudah menyerah.

Itulah 4 cara mudah dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional, yang harus anda coba dalam kehidupan nyata.

Categories: Artikel

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*