Ini Tahapan Proses Seleksi Sengketa Pilkada Di MK

Ini Tahapan Proses Seleksi Sengketa Pilkada Di MK

IndoElection.com, Jakarta – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menjelaskan proses sidang panel sebelum ada putusan dismissal atau putusan soal dilanjutkan atau tidaknya gugatan sengketa pilkada. Sidang panel ini akan dilaksanakan 7-17 Januari 2016.

“Tanggal 7, 8, 11 Januari 2016 semua permohonan yang masuk sebanyak 147 perkara belum ada yang disingkirkan. Semua kita terima dan kita sidang. Tiga panel itu kita bagi secara proporsional,” ujar Arief di Gedung MK, Jakarta, Rabu 6 Januari 2016.

“Jangan ada kekhawatiran kalau tidak memenuhi tenggat waktu tidak dibahas dalam persidangan. Tidak. Kita semua masih akan sidangkan. Jadi tanggal 7 Januari 2016 semua perkara yang masuk akan diminta dan didengar keterangannya,” kata Arief.

Selanjutnya, dimulai sejak 11 Januari 2016, sidang panel MK akan mendengarkan keterangan pemohon untuk menjelaskan gugatannya secara lisan. Lalu juga akan ditanyakan bukti-buktinya dan dalilnya. Lalu pada 12 hingga 14 Januari 2016, MK akan sidang untuk mendengarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait yaitu pasangan calon yang menang disertai alat bukti.

“Sidang dimulai pukul 8 pagi. Diagendakan ada yang selesai pukul 21.00 atau pukul 22.00 WIB. Tergantung situasi di lapangan.”

Selanjutnya, pada 15-17 Januari majelis hakim akan melakukan Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk memutus perkara mana saja yang bisa dan tidak untuk dilanjutkan. RPH akan berlangsung tertutup karena menyangkut putusan dismissal. Putusan dismissal majelis hakim nantinya akan bergantung pada kecukupan bukti. Gugatan yang cukup bukti bisa dilanjutkan ke persidangan selanjutnya.

“Kalau perkaranya banyak (yang lanjut) maka tetap diteruskan ke dalam tiga panel hakim. Tapi kalau sedikit perkaranya maka akan diadili secara langsung dan dihadiri seluruh hakim. Tapi keputusan bukan di panitera tapi diputus pleno 9 orang hakim,” ujar Arief. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*