Ingin Lestarikan Budaya Betawi, Ini Yang Akan Dilakukan Sandiaga

Ingin Lestarikan Budaya Betawi, Ini Yang Akan Dilakukan Sandiaga

IndoElection.com, Jakarta – Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjanjikan budaya Betawi akan lebih diperhatikan dan dipromosikan jika dia memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hal itu diungkapkan Sandi saat berkunjung ke permukiman warga di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (25/10/2016) siang.

“Di setiap acara nanti, kalau bisa, ada pantun-pantun (Betawi) berbahasa Inggris dan prosesi Palang Pintu, walaupun acaranya nanti bukan acara Betawi,” kata Sandi di hadapan warga.

Di sana, Sandi disambut oleh kelompok masyarakat yang menamakan diri sebagai Rumpun Masyarakat Betawi (RMB). RMB mendeklarasikan diri mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan serta Sandi dengan menghadirkan acara bernuansa Betawi, seperti tari-tarian hingga prosesi Palang Pintu.

Menurut dia, ke depan, semua usaha mikro, kecil, dan menengah di DKI Jakarta juga dapat memasukkan unsur budaya Betawi. Dengan cara seperti itu, budaya khas Jakarta tersebut diyakini akan semakin berkembang dan dikenal secara luas, bahkan sampai ke kalangan dunia internasional.

“Bisa juga nanti prosesi Palang Pintu pakai bahasa Italia. Terus, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) saat bekerja juga pakainya pakaian khas Betawi, jadi enggak oranye saja seragamnya,” tutur Sandi. (feb)

Categories: Figur

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*