Hasil Pilkada Surabaya: Tri Rismaharini Resmi Jadi Pemenang

Hasil Pilkada Surabaya: Tri Rismaharini Resmi Jadi Pemenang

IndoElection.com, Surabaya – Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana (Risma-Whisnu) akhirnya resmi memenangkan Pilkada Surabaya. Dalam rapat rekapitulasi perolehan suara pemilihan di kantor KPU Surabaya, Rabu 16 Desember 2015, pasangan calon (Paslon) Risma-Whisnu berhasil mendapatkan suara sebanyak 893.087 suara.

Sedangkan lawannya, paslon Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapatkan suara jauh di bawahnya. Tepatnya, hanya sebesar 141.324 suara.

Dalam rekapitulasi itu, Risma-Whisnu berhasil unggul di semua kecamatan yang ada di Surabaya. Bahkan, dari semua TPS yang ada di Surabaya, yang berjumlah lebih dari 3.000 TPS, paslon Risma-Whisnu hanya kalah di dua TPS.

Kekalahan itu, mereka dapatkan di dua TPS yang ada di eks kawasan lokalisasi Dolly, yang dimenangkan oleh Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Hasil rekapitulasi itu, kemudian segera disahkan oleh Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifn. “Dengan ini, saya sahkan hasil rekapitulasi di KPU Surabaya,” kata Robiyan, saat memimpin sidang rekapitulasi tersebut.

Keputusan itu juga diambil tanpa mengalami kendala. Sebab, saksi dari kedua belah pihak sama-sama menyepakati hasil rekapitulasi tersebut.

Sementara itu, Risma-Whisnu akan ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tiga hari kemudian. Selanjutnya, keduanya akan resmi dilantik pada 2016 mendatang, yang akan menjalankan jabatannya pada periode 2016 hingga 2021. (feb)

Categories: Hasil Pilkada

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*