Hasil Pilkada Bengkalis: Calon Petahana Kalah Telak

Hasil Pilkada Bengkalis: Calon Petahana Kalah Telak

IndoElection.com, Pekanbaru  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkalis menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Bengkalis. Hasilnya pasangan nomor urut 1, Amril Mukhminin dan Muhammad (AM-Mantap) unggul.

Pasangan yang diusung Partai Golkar ini menang jauh dari dua pasangan lainnya. Bahkan pasangan petahana, Herliyan Saleh dan Riza Pahlefi berada di urutan paling buncit.

Berdasarkan penghitungan, pasangan Amril Mukhminin dan Muhammad memperoleh 99.194 suara atau 46 persen dari suara sah. Kemudian pasangan Sulaiman Zakaria-Noor Charis Putra menempati posisi kedua dengan 59.012 suara.

Sementara pasangan petahana, Herliyan-Riza yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) hanya memperoleh 58.855 suara. Kekalahan pasangan incumbent ini disinyalir, karena Herliyan Saleh saat ini berstatus tersangka dalam kasus korupsi dana bansos.

Hasil perolehan ini merupakan penghitungan suara delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Sementara total suara yang sah sebanyak 217.061 suara dari jumlah DPT 371.002 pemilih.

Sekretaris Kesbangpol Bengkalis, Dahen Tawakal menjelaskan walau pilkada berjalan aman, namun partisipasi pemilih menurun.

“Sekitar 46 persen dari jumlah DPT adalah galongan putih alias tidak memilih. Kedepannya harus ada perbaikan agar pertisipasi pemilih meningkat di Bengkalis,” ucap Dahen Tawakal. (feb)

Categories: Hasil Pilkada

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*