Duh, Anggota TNI-Polri Masuk DP4 Pilkada Sleman

Duh, Anggota TNI-Polri Masuk DP4 Pilkada Sleman

IndoElection.com, Sleman – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sleman menemukan adanya anggota TNI maupun Polri yang masih masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Padahal data tersebut menjadi acuan untuk penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Sleman 2015.

Anggota Panwaslu Sleman, Karim Mustofa mengatakan masuknya nama anggota TNI dan Polri tersebut ditemukan pengawasan proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan Panwaslu.

Dalam proses tersebut, Panwaslu mengambil sampel dari beberapa wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Dari sampling di lima TPS, kami menemukan adanya nama pemilih yang sudah menjadi anggota TNI maupun Polri,” ungkapnya, Minggu (30/8/2015).

Selain itu, dalam pengawasan tersebut, pihaknya juga menemukan adanya daftar pemilih ganda. Hal tersebut dibuktikan dengan identitas yang sama pada nama tersebut.

“Setelah dikroscek oleh PPL (Petugas Pengawas Lapangan) nama itu mengerucut pada orang yang sama dan dipastikan dengan identitas yaebg sama,” paparnya.

Atas temuan tersebut, Panwaslu meminta proses validasi data pada DP4 harus dilakukan lebih cermat sebelum ditetapkan sebagai DPT.

Hal tersebut penting untuk menjadi perhatian agar tidak memunculkan kerancuan dalam pemungutan suara.

“Jumlahnya cukup banyak, mencapai ratusan. Itupun baru lima TPS. Kemungkinan hal yang sama juga dapat terjadi di TPS lain,” katanya.

Menurutnya rekomendasi atas temuan tersebut sebelumnya sudah disampaikan oleh PPL dan Panwascam kepada panitia pemilih di bawah KPU Sleman.

Namun setelah dilakukan uji sampling kembali, data ganda dan masuknya anggota TNI dan Polri masih ditemukan.

“Rekomendasi PPL dan Panswcam tidak ditindaklanjuti di panitia pemilih di bawah, sehingga data ganda masih muncul. Harus divalidasi kembali datanya sebelum DPT ditetapkan,” ujarnya. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*