DPT Pilkada Tuban Ditetapkan 936.768 Jiwa

DPT Pilkada Tuban Ditetapkan 936.768 Jiwa

IndoEection.com, Tuban – Pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban menggelar rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Tuban 2015 yang berlangsung di kantor KPUK Tuban, Jumat (02/10/2015).

Dalam rapat pleno penetapan tersebut sempat di warnai protes dari pihak Panwascam lantaran ada perbedaan data dari tingkat kecamatan. Sehingga rapat pleno terpaksa harus dihentikan beberapa menit lantaran untuk menyelesaikan perbedaan data meski selanjutnya DPT Pilkada Tuban tetap disahkan dengan catatan.

Dari pantauan, permasalahan dalam penetapan DPT Pilkada Tuban 2015 terdapat di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Yang mana jumlah perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) menjadi DPT tersebut tidak sama antara milik Panwascam Kerek dengan data milik Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kerek, Tuban.

Dari data yang dibacakan oleh PPK Kerek, ditemukan adanya perbedaan jumlah antara pemilih laki-laki dan pemilih perempuan. Pasalnya hal itu membuat pihak Panwascam meminta kepada pihak PPK untuk menjelaskan adanya perubahan jenis kelamin dari daftar pemilih itu.

Dengan adanya protes tersebut, pihak KPUK Tuban yang memimpin jalannya sidang Pleno penetapan DPT Pilkada Tuban tersebut memberikan waktu pada PPK Kerek dengan Panwascam Kerek untuk melakukan pembenahan dan pencocokan perbedaan data jumlah pemilih laki-laki dan perempuan di kecamatan tersebut.

“Ini permasalahannya adalah ada perbedaan jumlah pemilih laki-laki dan jumlah pemilih perempuan. Tapi untuk jumlah akhirnya itu aslinya sama,” terang Sulamul Hadi, Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban.

Setelah adanya penjelasan, bahwa perbedaan hanya ada pada jumlah pemilih laki-laki dan perempuan saja, maka pihak Panwaslu Tuban menerima penjelasan dari pihak PPK Kerek. Sehingga DPT Tuban dapat di tetapnya sebanyak 936.768 jiwa dengan catatan.

“Karena memang jumlah akhir sama, maka DPT kita sepakati dengan catatan. Saya minta PPK Kerek untuk segera memberikan data laporan tentang adanya perubahan jenis kelamin pemilih secara rinci kepada kami,” sambung Sulamul Hadi.

Sementara itu, pelaksanaan rapat Pleno DPT Pilkada Tuban 2015 berlangsung selama beberapa jam lantaran adanya permasalahan perbedaan data itu. Meski demikian akhirnya ketua KPUK Tuban resmi menetapkan DPT Pilkada Tuban sebanyak 936.768 jiwa dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 462.139 jiwa dan pemilih perempuan 474.629 jiwa.

“Nanti kalau memang temuan adanya perbedaan jumlah pemilih laki-laki dan perempuan itu sudah dilakukan perbaikan maka kita akan membuat rekomendasi DPT perbaikan ke KPU,” pungkas ketua Panwaslu Kabupaten Tuban itu. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*