DPT Pilkada Boltim Masih Dijumpai 48 Pemilih Meninggal Dunia

DPT Pilkada Boltim Masih Dijumpai 48 Pemilih Meninggal Dunia

IndoElection.com, Boltim – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menemukan 48 pemilih yang telah meninggal dunia masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pimpinan Panwaslu Boltim, Billy Kawuwung mengatakan pasca diumumkan DPT oleh KPU Boltim beberapa waktu lalu. Panwas Boltim melakukan audit terhadap DPT tersebut yang dipertegas dengan instruksi Panwaslu nomor : 108/Panwas-BMT/X/2015 ke jajarannya.

“Dalam audit tersebut kemudian menemukan masih terdapatnya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dalam DPT,” ungkap Mantan Ketua Panwaslu Boltim ini, pada Senin (9/11).

Billy mengungkapkan hasil temuan Panwas terdapat pemilih ganda 217 orang, Pemilih meninggal dunia sebanyak 48 orang, Pemilih yang telah pindah domisili sebanyak 97 orang, Pemilih yang berubah status menjadi TNI/Polri sebanyak satu orang.

“Ada juga pemilih fiktif sebanyak 18 orang,” ucapnya.

Atas temuan tersebut, Panwas Boltim merekomendasikan ke KPU Boltim sebagai pelanggaran administrasi untuk segera dicoret dari DPT.

“Bahkan ada beberapa nama di dalamnya pernah direkomendasikan ke KPU untuk diubah dalam DPSHP lalu sebelum ditetapkan menjadi DPT,” ungkapnya.
Panwas akan merekomendasikan temuan mereka disertai nama dan nomor urut dalam DPT bagi pemilih yang tak memenuhi syarat.

“Supaya KPU akan lebih mudah untuk mengetahui pemilih TMS hasil temuan panwas,” jelasnya.

Panwas juga mengimbau kepada pasangan calon untuk mengerahkan seluruh tim suksesnya hingga ke tingkat desa untuk memastikan pemilih yang TMS dicoret PPS.

Komisoner KPU Boltim Abdul Kader Bachmid mengatakan pihaknya belum menerima rekomendasi tersebut. Namun pihaknya siap untuk menelusuri temuan pemilih yang TMS tersebut.

“Tergantung rekomendasi panwas, DPT bisa berubah. Asalkan buktinya otentik. Harus ada pembuktian di lapangan,” jelasnya.

Dia mengatahkan pihaknya akan mengevaluasi TPS yang jumlah pemilih DPTB1 melebihi pengadaan logistik. “Kita menunggu rekomendasi panwas untuk mengevaluasi kembali jumlah DPTB1 dalam setiap TPS. Sudah ada surat edarannya,” tuturnya.

Sebelumnya, KPU Boltim menetapkan DPT Boltim sebanyak 52.329 pemilih. Namun dalam DPTB1 terdapat ketambahan 444 pemilih. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*