DPS Pilkada Tuban 2015 Sebanyak 995.993 Pemilih

DPS Pilkada Tuban 2015 Sebanyak 995.993 Pemilih

IndoElection.com, Tuban – Dalam tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Tuban 2015 ini, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban melakukan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang akan berlangsung serentak, 9 Desember mendatang.

Adapun rapat pleno penetapan DPS tersebut diikuti oleh seluruh Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban dengan membacakan hasil rekapitulasi di tingkat PPK. Selain itu juga diikuti oleh Forpimda Tuban bersama dengan tim pasangan calon bupati.

Untuk persiapan Pilkada Tuban yang akan berlangsung serentak pada bulan Desember 2015 mendatang, KPUK Tuban telah menetapkan daftar pemilih sementara itu sebanyak 995.993 pemilih. Yang mana jumlah pemilih laki-laki sebanyak 493.573 jiwa dan pemilih perempuan 502.420 jiwa.

“Hari ini kita tetapkan daftar pemilih sementara Pilkada Tuban sebanyak 995.993 pemilih. Ini merupakan hasil dari pemutakhiran data yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh petugas pemutahiran data pemilih (PPDP),” terang Kasmuri, Ketua KPUK Tuban setelah rapat pleno itu, Rabu (02/09/2015).

Jumlah DPS yang telah ditetapkan dalam rapat pleno tersebut jumlahnya bertambah banyak dibandingkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diterima dari Kemendagri RI. Yang mana dalam DP4 itu tercatat hanya ada 916.968 pemilih baik laki-laki maupun perempuan.

“Setelah DPS kita ditetapkan, kemudian kami akan menyerahkan data pemilih ini kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada diseluruh desa-desa dan kelurahan yang ada di Tuban. Nanti ada tahapan proses perbaikan DPS sebelum menjadi DPT,” katanya.

Dengan keberadaan DPS itu, PPS akan mensosialisasikan dan mengumumkan kepada masyarakat di desa atau kelurahan masing-masing sehingga bisa dilihat warga apakah namanya sudah masuk DPS atau belum. Warga masyarakat diminta untuk proaktif melihat data itu karena menyangkut apakah sudah terdaftar atau belum menjadi pemilih dalam Pilkada Tuban 2015 ini.

“Pengumuman DPS ini ditempel di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat masyarakat. Dan kami minta masyarakat pro aktif terhadap DPS, jika namanya belum masuk silahkan mendatangi petugas,” pungkasnya. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*