DPR Sudah Serahkan Draf Perubahan UU Pilkada Ke Presiden

DPR Sudah Serahkan Draf Perubahan UU Pilkada Ke Presiden

BeritaPrima.com, Jakarta – Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono, mengungkapkan DPR telah menyerahkan draf perubahan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada).

Kini draf perubahan tersebut telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo untuk segera ditandatangani.

“Dari DPR sudah kita terima, acara sudah disampaikan Presiden tinggal tandatangan Presiden. Usai tandatangan Presiden, baru penomoran di Kementerian Hukum dan HAM,” kata Sumarsono, di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Juni 2016.

Draf perubahan Undang-undang Pilkada itu diterima Kamis, 16 Juni 2016. Paling lambat dalam sepekan ke depan, kata Sumarsono, proses administrasi itu selesai, sehingga diundangkan untuk bisa segera menjadi pedoman penyelenggara Pilkada.

“Paling lambat 1 minggu selesai. Presiden tak ada masalah,” tegas dia.

Perubahan Undang-Undang Pilkada ini sudah disetujui dalam rapat paripurna di parlemen sejak 2 Juni lalu, tapi hingga kini tak kunjung diberi nomor.

Secara terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay, mengakui lembaganya belum bisa bergerak karena masalah tersebut. Sebab, KPU khawatir menggunakan tahapan Pilkada sesuai dengan Undang-Undang yang belum mendapatkan nomor itu.

Selanjutnya >>

Pages: 1 2

Categories: Parlemen
Tags: #UUPilkada

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*