Distribusi Logistik Pilkada ke Luwu Utara Tersendat

Distribusi Logistik Pilkada ke Luwu Utara Tersendat

IndoElection.com, Luwu Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengetahui jalur yang akan digunakan untuk mengirimkan logistik ke daerah terpencil di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Logistik itu digunakan untuk pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember mendatang.

Ada dua daerah yang akan sulit diakses, yaitu Kecamatan Seko dan Kecamatan Rampi. Ketua KPU Luwu Utara, Suprianto, mengatakan ada dua opsi jalur distribusi logistik ke dua daerah terpencil tersebut, yakni melalui jalur darat dan jalur udara. “Sampai sekarang, kami belum menetapkan apakah lewat jalur darat atau udara. Semuanya bergantung cuaca pada Desember nanti serta biaya,” katanya saat dihubungi Tempo, Senin, 5 Oktober.

Suprianto melanjutkan, distribusi ke Kecamatan Seko dan Kecamatan Rampi akan didahulukan ketimbang kecamatan lain.Pihaknya menargetkan seluruh distribusi logistik sudah harus sampai satu minggu sebelum pesta demokrasi berlangsung akhir tahun nanti.

Juru bicara Polda Sulawesi Selatan dan Barat, Komisaris Besar Frans Barung Mangera, mengatakan akan terus mengawasi dan membantu tahap pesta demokrasi itu agar berjalan aman dan lancar. Menurut Barung, bila memang KPU Luwu Utara memilih jalur udara, banyak sarana yang dapat digunakan.

Distribusi bisa menggunakan maskapai penerbangan perintis, bisa juga memakai sarana dan prasarana TNI-Polri. “Kami terus memantau perkembangan situasi dan kondisi. Soal pengiriman logistik ke Seko dan Rampi, kalau penerbangan perintis tidak bisa, akan ada maskapai lain dan TNI,” ucapnya. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*