Cara Mudah Merawat AC Agar Awet

Cara Mudah Merawat AC Agar Awet

Memiliki sebuah pendingin ruangan  atau AC saat ini merupakan hal yang umum. Apalagi jika anda tinggal di tempat yang cukup panas seperti Semarang. Salah satu cara menjaga AC anda agar dapat bertahan lama adalah dengan merawatnya secara rutin. Berikut ini merupakan cara untuk merawat AC anda agar awet.

Membersihkan filter AC

Pada bagian indoor AC terdapat filter udara yang berfungsi menyaring udara. Untuk mengeluarkan filter AC, anda hanya perlu membuka tutup casing depan AC indoor. Selanjutnya anda dapat mengeluarkan filter udara yang ada di dalamnya, dan mencuci filter tersebut dengan sabun. Selanjutnya, anda dapat memasangkan filter tersebut kembali ke dalam AC setelah anda mengeringkannya. Agar debu pada AC tidak terlalu tebal, anda dapat membersihkannya setiap satu pekan sekali.

Service Secara Rutin

Setidaknya anda perlu melakukan service AC setiap 3 bulan sekali. Service ini mencakup service bagian dalam (indoor) dan bagian luar (outdoor) AC anda. Untuk service bagian indoor, anda hanya perlu membersihkan kisi-kisi evaporator dan saluran pemuangan air AC dengan air bersih. Agar air tidak berceceran, anda dapat menggunakan plastik khusus service AC. Di samping itu, anda juga harus berhati-hati agar air tidak mengenai PCB modul AC.

Untuk bagian luar, anda hanya perlu menyemprotkan air ke bagian evaporator AC outdoor tersebut tanpa perlu membongkarnya. Namun, jika anda merasa bagian outdoor terlalu kotor, anda dapat melepas tutupnya dan mencucinya.

Saat mencuci AC, anda membutuhkan sebuah motor steam atau mesin untuk membersihkan AC. Motor steam berfungsi untuk memastikan bahwa tekanan air yang digunakan saat membersihkan AC benar-benar kencang agar AC dapat bersih.

Namun, jika anda tidak memiliki alat tersebut atau merasa ragu untuk melakukan service AC sendiri, anda dapat menghubungi service AC semarang terdekat dengan lokasi anda untuk melakukan hal tersebut. Saat ini, ada banyak jasa service AC profesional yang dapat anda hubungi dan gunakan jasanya.

 

Categories: Teknologi

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*