Cagub Jambi Akali APK Kampanye, Bawaslu Anggap Pelanggaran

Cagub Jambi Akali APK Kampanye, Bawaslu Anggap Pelanggaran

IndoElection.com, Jambi – Seolah tak puas dengan alat peraga kampanye (APK) yang di pasang KPU, tim pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jambi memasang sendiri alat peraganya.

Pantauan Tribunjambi spanduk Calon gubernur Zumi Zola terpampang di depan media center Zumi Zola yang berada di depan musium siginjai. Spanduk tersebut terulis angka dua dan dua manfaat qurban serta dilengkapi dengan foto Zumi Zola.

Selain itu juga tampak baliho yang berada di kawasan Broni. Tertulis angka satu dan tulisan Hanya Bagimu Aku mengabdi.

Dua alat peraga ini seolah sedang mengkampanyekan pasangan calon gubernur.

Menanggapi hal ini, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Fauzan mengatakan sesuai dengan Peraturan KPU No 7 tahun 2015 pasal 68 tentang kampanye disebutkan semua alat peraga kampanye (APK) difasilitasi oleh KPU, maka jika ada alat peraga yang tidak difasilitasi KPU tidak diperbolehkan.

“Nah sekarang banyak kita temukan alat peraga disiasati dengan cara tertentu. Walau hanya nomor urut yang ada meski dengan alasan apapun,” ujar Fauzan, Rabu (16/9)

Fauzan juga mengatakan hasil rapat koordinasi Bawaslu menyatakan definisi kampanye adalah menawarkan visi misi dan program atau kegiatan lain.

“Jadi ada kegiatan lain yang disebutkan, maka cara seperti itu melanggar,” ujar Fauzan. Seperti diberitakan, bermunculan sejumlah baliho atau juga spanduk yang menyebut nomor tertentu pasangan calon. Meskipun tanpa ajakan memilih tapi hal itu dinilai kampanye terselubung.

Categories: Delik, News

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*