Bisnis Es Buah, Peluang Usaha Saat Ramadhan Tiba

Bisnis Es Buah, Peluang Usaha Saat Ramadhan Tiba

Bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi, waktunya umat muslim untuk beribadah shaum (dalam bahasa Arab) atau puasa (serapan dari bahasa Sansekerta). Pada umumnya setelah seharian penuh melakukan shaum, umat Islam akan memilih minuman yang manis dan segar saat berbuka. Nah, oleh karena itulah berjualan es buah merupakan peluang usaha rumahan 2017 yang cocok dilakukan di masa bulan Ramadhan.

Apalagi shaum yang fokus menahan diri untuk tidak makan dan minum malah membuat orang tergoda memikirkan makanan dan minuman yang segar. Tentu akan begitu nikmat menyantap buah segar dalam air sirup atau pun air dingin dengan campuran susu kental manis. Dahaga yang telah ditahan selama seharian di terik panas pun akan sirna dalam seketika.

Es buah tergolong dalam minuman yang sehat karena berisi buah-buahan alami yang mengandung banyak vitamin. Vitamin sendiri sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga selain rasanya yang enak, kesehatan tubuh pun dapat ditunjang dengan baik.

Bagi yang tertarik untuk membangun bisnis rumahan ibu rumah tangga berupa usaha es buah, maka caranya tak susah. Ini karena pembuatan es buah begitu mudah. Anda hanya membutuhkan buah, es batu, air dan perasa. Buah-buahan segar dapat dengan mudah diperoleh di pasar dengan harga yang murah. Sementara air bisa menggunakan air galonan atau pun memasak air sendiri. Tentu saja untuk rasa bisa menggunakan sirup atau susu kental manis yang terjamin kualitasnya. Atau bisa juga membuat resep minuman sendiri dengan rasa khas yang menyegarkan.

Risiko bisnis es buah ini tidak tinggi. Karena biaya produksi yang rendah bisa ikut menjaga harga penjualan agar tetap terjangkau masyarakat. Tentu orang tak berpikir panjang saat membeli es buah bila harganya memang murah. Jadi tidak perlu khawatir barang dagangan tidak laku. Tapi Anda tetap harus punya strategi dalam menentukan jumlah produksi, karena es buah merupakan benda yang tak awet untuk disimpan lama. Sebaiknya sesuaikan jumlah produksi dengan permintaan yang ada.

Berikut ini mari simak langkah-langkah untuk membangun bisnis es buah.

Persiapan

Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini. Pada umumnya alat-alat yang dibutuhkan adalah kulkas atau lemari pendingin. Bila cukup waktu dan tenaga, Anda bisa juga membuat es batu sendiri agar kualitas terjamin menggunakan air matang. Tetapi bila tak sempat atau ruangan tak cukup, Anda bisa membeli jadi dari tukang jual es batu, pastikan penjual menggunakan air matang dan bersih atau higienis dalam membuat es batu tersebut.

Selain peralatan, siapkan juga bahan baku pembuat es buah berupa buah-buahan segar. Anda bisa membelinya di pasar atau langsung dari pemilik kebun buah-buahan demi memperoleh buah segar dengan harga yang lebih murah.

Penjualan

Bila langkah membeli bahan kebutuhan sudah dilakukan, tentu saatnya melakukan produksi meracik es buah. Nah, setelah hal ini dilakukan, pilih tempat yang strategis untuk berjualan. Usahakan lokasi tersebut banyak orang lalu lalang atau mudah dijangkau. Tentunya akan menguntungkan berjualan saat panas terik jika memang bukan bulan Ramadhan. Tetapi jika sudah berada di bulan ramadhan, sebaiknya berjualan menjelang saat berbuka saja, agar tak kena gerebek.

Jangan lupa untuk terus berpromosi pada target pasar Anda. Sehingga orang pun rela berkunjung dari lokasi yang jauh sekali pun demi mencicipi rasa es buah buatan Anda. Bisa juga promosi dilakukan dengan membuat diskon khusus atau memberikan bonus untuk jumlah pembelian tertentu.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam merintis usaha berjualan es buah.

Categories: LifeStyle

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*