Bila Terbukti Melanggar, Airin-Benyamin Bisa Dipidana Dan Didiskualifikasi

Bila Terbukti Melanggar, Airin-Benyamin Bisa Dipidana Dan Didiskualifikasi

IndoElection.com, Tangerang – Kuasa hukum Ikhsan Modjo-Li Claudi Chandra, Teddy Gusnaidi mengatakan, dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan petahana, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, sebagaimana yang dilaporkan pihaknya ke Panwaslu Tangsel, bisa berbuntut pidana dan diskualifikasi.

“Kalau ditanya sanksinya apa, pertama, pelanggaran pidana. Dan satu lagi, ancaman diskualifikasi sebagai calon,” ujarnya di kantor Panwaslu, Sektor 12 BSD, Serpong, Tangsel, Kamis (10/9).

Menyangkut laporan tentang terlibatnya birokrasi, terkait adanya banner Airin-Benyamin pada situs resmi Pemkot Tangsel, maka dapat dikenai sanksi pidana. Ini sebagaimana diatur pada UU No. 1/2015 dan UU No. 8/2015 serta Pasal 70 ayat 1, Pasal 73 ayat 1 dan ayat 2, Pasal 74 ayat 1 dan ayat 2 PKPU No. 7/2015.

“Tapi kalau sudah menjanjikan memberikan uang atau materi lain, itu pasangan calon didiskualifikasi,” jelasnya. Sebab, melanggar Pasal 72 ayat 1 dan Pasal 72 ayat 2 UU No. 8/2015 serta Pasal 70 ayat 1, Pasal 74 ayat 1 dan ayat 2 PKPU No. 7/2015.

Adapun yang dimaksud dengan memberikan materi lain tersebut terkait laporan menyangkut peluncuran Wifi Corner gratis di Taman Kota I, Serpong, Jumat (28/8) dan penyaluran bantuan benih ikan kepada masyarakat di Kota Tangsel, Kamis (27/8) lalu. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*