Begini suasana Kampanye Damai Pilkada Minsel

Begini suasana Kampanye Damai Pilkada Minsel

IndoElection.com, Amurang – Lapangan Teguh Bersinar Amurang, Senin (14/9) sontak ramai dengan menyemutnya pendukung pasangan calon (Paslon) Christiany Eugenia Paruntu-Frangky Donny Wongkar (PaKar) dan Karel Lakoy-Freddy Rawis (LaRis).

Masing-masing pendukung paslon ini hadir sejak pukull 10.00 Wita untuk mengikuti kegiatan kampanye damai yang digagas oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel.

Beberapa saat kemudian masing-masing paslon hadir di Lapangan Teguh Bersinar Amurang.

Paslon PaKar terlihat serasi dengan setelan kemeja putih-putih. Paruntu-Wongkar yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini kemudian mengumbar senyum kepada pendukungnya.

Tak mau kalah, paslon LaRis yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) juga terlihat serasi dengan kemeja bermotif kuning.

Mereka kemudian mendatangai dan menyalami satu persatu pendukungnya.

Kampanye damai yang dimulai pukul 11.00 Wita, kedua paslon membacakan 5 poin deklarasi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minsel Tahun 2015.

Di hadapan pendukung dan masyarakat, PaKar bersama LaRis kemudian menandatangani deklarasi tersebut di atas sebuah kertas yang sudah disiapkan.

Penandatanganan ini disaksikan oleh KPUD Minsel, Pawaskab Minsel, Kapolres Minsel, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel.

Paslon kemudian diberikan kesempatan untuk meneriakan yel-yel di hahapan pendukungnya.

Paslon PaKar melalui Tetty Paruntu yang mendapat kesempatan pertama kemudian meneriakan ‘Minsel satu untuk semua’. Teriakan ini langsung diikuti oleh pendukungnya.

Menariknya paslon LaRis dalam kesempatan yel-yel itu, meneriakan ‘Mari kita sama-sama tim mendukung PaKar’, mendengar itu, sontak saja pendukungnya saling melirik satu sama lain karena menilai jagoannya salah menyebut.

Namun Freddy Rawis yang menyampaikan yel-yel, terlihat tidak menyadari kesalahan itu karena tak meralatnya.

Ketua KPUD Minsel seusai kampanye damai mengutarakan bahwa kegiatan hari ini (kemarin) merupakan awal dari kampanye selanjutnya.
“Kampanye akan dilaksanakan sampai tanggal 5 Desember,” utaranya.

Namun KPUD Minsel masih menunggu jadwal kampanye dari KPU Provinsi Sulawsi Utara, yang diseleraskan dengan kampanye dari calon gubernur dan wakil gubernur.

“Kurang lebih selama 3 bulan masing-masing paslon akan menggelar kampanye baik di tempat terbuka maupun tempat tertutup,” utaranya.

Jhon M, warga Kecamatan Amurang menuturkan sudah jelas bahwa paslon LaRis merupakan ‘calon boneka’.

“Ini sudah jadi rahasia umum di masyarakat, lihat saja waktu kampanye damai mereka teriakan hidup PaKar,” katanya. (ren)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*