Begini Ketika 4 Paslon Pilkada Sidoarjo Paparkan Visi-Misi

Begini Ketika 4 Paslon Pilkada Sidoarjo Paparkan Visi-Misi

IndoElection.com, Sidoarjo – Empat Cabup Sidoarjo, H.MG Hadi Sutjipto, H. Utsman Ikhsan, H.Saiful Ilah dan Warih Andono, dalam satu panggung paparkan visi misi di acara diskusi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Kamis (10/9/2015).

Masing-masing cabup memaparkan konsep dalam membangun Sidoarjo lima tahun kedepan, jika terpilih menjadi Bupati Sidoarjo 2015-2020.

Dari keempat cabup, hampir semua konsep yang dipaparkan, sama dari berbagai segi yang dibutuhkan untuk membangun Sidoarjo lebih baik.

Yakni masalah pendidikan gratis di Sidoarjo, pembangunan infrastruktur yang memadahi dan mulus, kesehatan murah dan lainnya, Cabup nomor 1, H. MG Hadi Sutjipto, memaparkan untuk pendidikan gratis mulai tingkat dasar, menengah harus bisa laksanakan secara gratis. Termasuk untuk tingkat atas yang bagian ada dari wewenang Pemprov Jatim, jika diserahkan ke kabupaten, harus ikut gratis pula.

“APBD Sidoarjo mendukung, dan saya kira waktunya sekolah gratis, harus terelisasikan di Sidoarjo,” ucap cabup yang diusung oleh PDIP, Demokrat, Nasdem dan PBB itu.

Soal pembangunan infrastruktur, Sidoarjo Hatiku (Sutjipto-Kolik Umaro) itu punya ide pembangunan fly over di jalur A.Yani bundaran Aloha dan Gedangan. Kemacetan yang cukup parah dan hampir bisa dijumpahi setiap jam kerja, menjadi perhatiannya jika terpilih sebagai bupati mendatang.

“Untuk dua lokasi itu, Aloha dan Gedangan harus ada tindakan kongkrit yakni fly over untuk pemecahan kemacetan. Jika saya dipercaya menjadi Bupati Sidoarjo lima tahun ke depan, pembangunan fly over itu harus terwujud,” tegas Hadi Sutjipto.

Cabup nomor 2, H. Utsman Ikhsan yang diusung Partai Gerindra dan PKS itu menjelaskan, soal pendidikan gratis di Sidoarjo mulai dari tingkat dasar hingga atas terwujud, nantinya juga harus dibarengi pula dengan kesejahteraan guru.

Menurut Utsman, selain disejahterakan, guru juga harus mumpuni dalam bidangnya. Pembinaan SDM guru juga harus didukung oleh pemerintah. “Saya kira klop, sekolah gratis, guru sejahtera dan ber- SDM bagus. Pastinya nanti akan mendatangkan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan bisa membanggakan nama Sidoarjo,” jelas Utsman.

Lanjut Utsman, APBD Kab. Sidoarjo yang sekarang sebesar Rp 4,2 triliun, bisa untuk mengcover sekolah gratis penuh sampai mata pelajarannya, kesejahteraan guru, pembangunan infrastruktur berlanjut, kesehatan murah dan lain sebagainya.

Dalam menggapai PAD yang besar, lanjut Utsman memaparkan, konsep infrastruktur yang mulus, juga menginginkan area yang ada di Jalan Lingkar Timur, dijadikan dijadikan sarana umum publik, dan perlu ada wisata baru, mulai tempat rekreasi dan juga wisata religi.

“Saya yakin dari potensi wisata saja ratusan miliar bisa didapatkan dan masuk ke PAD. Kalau benar dioptimalkan dengan yang lain, kekuatan APBD Sidoarjo bukan saja Rp 4,2 triliun, melainkan bisa sampai sebesar Rp 7 triliun,” papar cabup yang akan berpasangan dengan cawabup H. Ida Astuti alias Tan Mei Hwa itu.

Untuk cabup no 3 H. Saiful Ilah mengemukakan, akan terus mempercepat pembangunan frontage bersinergi dengan Surabaya, mulai dari Waru sampai wilayah Buduran.

Pendekatan untuk pembebasan juga kini digalakkan untuk kelancara dalam pembangunan. Frontage road ini dinilainya bisa mengurai kemacetan di jalur rawan macet antara Waru sampai Buduran. “Frontage road itu harus dipercepat untuk mengurai kemacetan,” terang Saiful Ilah.

Soal pendidikan gratis, Saiful Ilah berjanji akan dilakukan secara penuh. Sekolah gratis itu akan dicanangkan sampai sekolah tingkat atas. “APBD Sidoarjo besar, sudah waktunya pendidikan secara gratis secara penuh, bisa diterapkan,” jelas bupati aktif dari PKB itu.

Sementara itu, Warih Andono cabup yang diusung Partai Golkar dan PAN memaparkan tentang perlunya Billing System untuk memaksimalkan pendapatan daerah. “Dengan sistem ini, maka kebocoran di sektor pajak akan bisa ditekan secara maksimal,” urainya.

Pendidikan gratis, juga bagian dari rencana kebijakannya jika terpilih menjadi bupati lima tahun kedepan. “Pelayanan publik yang baik, juga nantinya harus diwujudkan di Sidoarjo,” pungkas cabup nomor 4 itu. (ren)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*