Awasi Pencoblosan Pilkada, Panwaslu Jateng Libatkan PSK

Awasi Pencoblosan Pilkada, Panwaslu Jateng Libatkan PSK

IndoElection.com, Semarang – Selain menggandeng perguruan tinggi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah, juga menggandeng kelompok masyarakat rentan, misalnya penyandang disabilitas dan Pekerja Seks Komersil (PSK).

Kelompok rentan ini nantinya akan diajak turut serta menjadi pemilih aktif dalam Pilkada serentak. Yaitu ikut berpartisipasi memberikan sosialisasi dan pengawasan mengenai proses coblosan atau pemilihan kepala daerah.

“Kami fasilitasi bagaimana soal (proses) pemilu, tapi juga mengetahui soal pengawasan,” Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Jateng, Teguh Purnomo, Minggu (01/11/2015).

Nantinya, pihaknya akan memberikan sosialisasi berupa bimbingan teknis (bintek) tentang apa saja peran yang mereka bisa lakukan. Sebab para PSK menurut Teguh, sering berinteraksi dengan banyak orang. Maka melalui mereka, dirasa cukup efektif.

“Karena mereka mau dan tidak mau sering berinteraksi dengan banyak pihak. Mereka juga memiliki hak konstitusional,” kata Teguh.

Adapun kegiatan sosialisasi pelibatan kelompok rentan ini untuk berpartisipasi dalam pengawasan, akan digelar dalam beberapa minggu ke depan, atau di bulan November ini.

“Ini akan kita jalankan, bulan-bulan ini lah,” ujarnya. (ren)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*