APK Pilkada Sidoarjo Amburadul, KPUD Panggil Rekanan

APK Pilkada Sidoarjo Amburadul, KPUD Panggil Rekanan

IndoElection.com, Sidoarjo – Komite Independent Pemantau Pemilu (KIPP) Sidoarjo melalui Divisi hukum dan hubungan masyarakat KIPP Sidoarjo, Ainur Rofiq menyayangkan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Sidoarjo yang terkesan asal asalan.

Rofiq saat di hubungi wartawan menjelaskan bahwa pemasangan APK Pilkada Sidoarjo di berbagai tempat banyak yang rusak dan berserakan ditanah, bahkan pantauanya ada yang membahayakan pengguna jalan seperti APK yang di pasang di bawah Fly Over kawasan Waru.

“APK yang dipasang di Fly Over Waru ini sebenarnya sangat membahayakan pengendara mas, Karena kayu untuk penyangga APK terlalu panjang, dan Spanduk APKnya sudah hampir jatuh ke tanah, itu jelas bila malam hari jelas sangat membahayakan pengendara yang melintas,” ungkapnya.

Dirinya berharap, KPUD Sidoarjo bertindak tegas tentang pemasangan dan pembuatan APK ini, Jangan sampai pembuatan APK dan pemasangan yang dibiayai menggunakan uang rakyat (APBD red) dengan nilai mencapai Rp. 1,03 miliar ini malah terkesa asal asal dan malah membahayakan warga.

Sementara itu menurut Ketua KPUD Sidoarjo, Zainal Abidin membenarkan atas pelanggaran pemasangan APK tersebut, Menurutnya, meski KPUD sebagai penyelenggara Pilkada 2015 dan untuk menyikapi laporan masyarakat tersebut, pihak nya sudah berkoordinasi dengan pemenang tender atas nama CV. Miza Mediatama dari Jember tersebut untuk melakukan perbaikan dalam pemasangan APK itu.

“Pengadaan pembuatan dan pemasangan APK kan melalui proses lelang dan pemenang lelang CV. Miza Mediatama berkewajiban dan bertanggung jawab atas cetak sekaligus pemasangan APK Paslon Pilkada Sidoarjo”

Sebenarnya semuanya sudah dicetak dan sambil jalan penyelesaian proses cetak APK maka pihak pemenang tender memasang APK itu, hanya saja pemasangan di beberapa tempat kurang profesional dan banyak di keluhkan masyarakat, Oleh karena itu pihak CV Miza Mediatama akan kami panggil untuk melakukan konfirmasi dan koordinasi mengenai permasalahan pemasangan APK. ” ujar Zaenal.

Lebih lanjut Zaenal menjelaskan bahwa CV. Miza Mediatama harus berkomitmen untuk melakukan perbaikan bila ada APK yang rusak serta pemasangan APK harus mempertimbangkan estetika dan etika serta tidak mengganggu kepentingan publik. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*