Anggaran Tak Kunjung Cair, Kampanye Pilkada Banyuwangi Diundur

Anggaran Tak Kunjung Cair, Kampanye Pilkada Banyuwangi Diundur

IndoElecton.com, Banyuwangi – Jadwal kampanye Pilkada Kabupaten Banyuwangi diundur. Penyebabnya, anggaran pembuatan alat peraga dan bahan kamapnye belum cair.

Tahapan kampanye yang seharusnya dimulai sejak 27 Agustus 2015 lalu, terpaksa mundur hingga awal September.

Menurut Komisioner KPU Banyuwangi, Edi Syaiful Anwar, molornya pelaksanaan tahapan kampanye tersebut akibat anggaran pembuatan alat peraga dan bahan kampanye belum cair seluruhnya. Baru beberapa alat peraga kampanye, salah satunya baliho, yang sudah terselesaikan.

“Kemarin anggaran yang kita ajukan asumsinya calonnya ada empat, tapi ternyata ada dua jadi perlu direvisi, nominalnya juga harus menyesuaikan,” jelas Edi Syaiful Anwar, usai pelaksanaan kesepakatan pelaksanaan kampanye bersama dua tim pemenangan pasangan cabup-cawabup peserta Pilkada, Senin (31/8/2015).

Meski jadwal kampanye mundur, Edi menyebut itu tak menyalahi aturan. Karena P-KPU, tidak menyebutkan hal tersebut. Namun sebagai tanggung jawab moral, pihak KPU akan berusaha secepat mungkin menyelesaikan seluruh perlengkapan Pilkada.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi seluruhnya,” ujar Edi.

Awalnya lanjut Edi, pihaknya mengajukan dana sekitar Rp 7 miliar, namun setelah dilakukan efisiensi menyesuaikan jumlah pasangan peserta Pilkada, menyusut menjadi Rp 2,6 Miliar. Dengan adanya klausul pendahuluan, untuk penganggaran Pilkada, dipastikan pencairan bisa dilakukan pada bulan September.

“Pengurusan administrasi sudah kita ajukan pada Pemerintah Daerah Banyuwangi, kita mendahului PAK, dan kita minta di prioritaskan,” ucap Divisi Hukum KPU Banyuwangi ini.

Dalam perhelatan pesta Demokrasi, Pilkada di Kabupaten Banyuwangi, terdapat dua pasangan calon yang akan bersaing. yakni pasangan incumben, Abdullah Azwar Anas – Yusuf Widiatmoko dan duet Golkar Hanura, Sumantri Sudomo – Sigit Wahyu Widodo. (feb)

Categories: Keuangan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*