Anggaran Panwas Pilkada Sragen Minim, Honor Petugas Berkurang

Anggaran Panwas Pilkada Sragen Minim, Honor Petugas Berkurang

IndoElection.com, Sragen – Meski lebih kecil jumlahnya daripada yang diajukan, tetapi Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sragen 2015, bisa menyelenggarakan kegiatan pengawasan yang jadi tugasnya.

Ketua Panwas Pilbup Slamet Basuki Indrowiyono mengatakan, pihaknya sudah mendapat kepastian bila Panwas Pilbup mendapatkan tambahan anggaran Rp 971,775 juta, di APBD Perubahan 2015. Jumlah ini lebih kecil dibanding pengajuan sebelumnya, yakni Rp 1,063 miliar.

“Meski anggarannya lebih kecil, tetapi bisa cukup untuk membiayai kegiatan, meski ada yang dikurangi,” kata Slamet Basuki.

Menurut dia, salah satu pos yang bakal dikurangi adalah untuk honor petugas, khususnya yang bakal bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Meski honornya sedikit berkurang, tetapi dia memastikan bakal ada satu petugas di 1.644 orang, sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di 208 desa dan kelurahan di 20 kecamatan di Sragen.

Awalnya, Panwas Pilbup memang mengajukan nominal Rp 1,063 miliar di rancangan APBD Perubahan 2015. Anggaran sebesar itu digunakan untuk berbagai kegiatan. Antara lain untuk pembayaran honor anggota Panwas dan Panwas di kecamatan (Panwascam), dana operasional Pengawas Pemilih Lapangan (PPL) di setiap desa atau kelurahan. Juga pengadaan buku pegangan, biaya pengadaan posko PPL, honor untuk perpanjangan waktu selama dua bulan dan dana operasional serta perekrutan petugas yang ada di 1.644 TPS.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto mengatakan, Pemkab Sragen akhirnya menganggarkan Rp 971.775.000 untuk Panwas Pilbup 2015, di APBD Perubahan 2015. Jumlah ini masih lebih kecil dibanding yang diajukan Panwas Pilbup sebesar Rp 1,063 miliar.

“Anggaran itu sudah termasuk Rp 100 juta, yang sebelumnya sudah disetujui dalam rapat pembahasan rancangan APBD Perubahan 2015 di Badan Anggaran (Banggar),” tandas Sekda.

Pada awalnya Panwas Pilbup memang mengajukan Rp 1,063 miliar, tetapi setelah dilihat dan dihitung lagi, akhirnya disetujui Rp 971,775 juta. Anggaran ini juga sudah memperhatikan surat Gubernur Jawa Tengah kepada Bupati Sragen, terkait penambahan anggaran untuk Panwas Pilbup.

“Anggaran sebesar itu dinilai sudah cukup untuk membiayai semua kegiatan Panwas Pilbup dalam tugasnya melakukan pengawasan pelaksanaan PIlbup 2015,” tegas mantan Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) dan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar tersebut.

Categories: Keuangan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*