Anggaran Ditambah, KPUD Minsel Kecipratan Rp 7,5 Miliar

Anggaran Ditambah, KPUD Minsel Kecipratan Rp 7,5 Miliar

IndoElection.com, Amurang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) menambah anggaran dana bagi suksesnya pelaksaaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang melalui APBD-Perubahan 2015.

Dalam APBD-Perubahan yang sudah diketuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel, pemerintah memberikan tambahan dana sebesar Rp 7,5 miliar bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minsel. Sebelumnya dalam APBD induk 2015, KPUD Minsel juga sudah mendapatkan dana sekitar Rp 11 miliar

Selain itu Panwaslu Minsel, Polres Minsel dan Kodim Minahasa juga kecipratan dana dengan total keseluruhannya mencapai Rp 11 miliar (sudah termasuk KPUD Minsel).

Menurut anggota Badan Anggran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakya Daerah (DPRD) Minsel yang meminta namanya dirahasiakan, dana yang dianggarkan di APBD-P memang sudah terlampau besar.

“Dana Rp 11 miliar dibagikan untuk KPUD Rp 7,5 miliar, Panwaslu Rp 2 miliar dan sisanya dibagi untuk keamanan yaitu Polres Minsel dan Kodim Minahasa. Sehingga dengan ketambahan ini KPUD kebagian ‘kue’ Pilkada terbesar Rp 18,5 miliar, sedangkan Panwaslu kebagian jatah Rp 5 miliar,” ucap anggota Banggar ini, Minggu (20/9).

Ia menambahkan KPUD Minsel yang mendapat jatah terbesar cukup wajar karena sebagai pelaksana, apalagi pada Pilkada kali ini Alat Peraga Kampanye (APK) disediakan oleh penyelenggara pemilu. Selain itu juga adanya kenaikan honor komisioner KPUD Minsel sampai ke tingkat PPK hingga PPS.

Dari data yang di dapatkan wartawan, untuk KPUD Minsel anggaran akan dipergunakan untuk perjalanan dinas Rp 2,1 miliar, fasilitas kampanye dan pengumuman Rp 1,4 miliar, Honorarium Rp 8,16 miliar. Selanjutnya pengadaan barang dan jasa Rp 11,1 miliar dan administrasi perkantoran Rp 2,1 miliar.

Henly Tuela, tokoh pemuda Minsel memintakan agar pihak-pihak yang mendapatkan dana operasional untuk penyelenggaraan pilkada bisa mengggunakan uang tersebut dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran. “Apalagi itu tidak lain merupakan uang rakyat,” ucapnya singkat. (ren)

Categories: Keuangan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*