Aneh! Cawalkot Medan Terkaya Ini Ngaku Habiskan Rp311 Juta Selama Kampanye

Aneh! Cawalkot Medan Terkaya Ini Ngaku Habiskan Rp311 Juta Selama Kampanye

IndoElection.com, Medan – Dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan yang akan bertarung pada 9 Desember nanti, telah menyerahkan laporan akhir dana kampanye mereka kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.

‎Komisioner KPU Medan, Pandapotan Tamba menyebutkan, penerimaan dana kampanye pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution (BENAR) sejak 12 Agustus-6 Desember 2015 sebesar Rp2.536.161.972, dengan pengeluaran sebesar Rp2.534.764.536.

Sementara penerimaan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan Nomor Urut 2, Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma (REDI) sebesar Rp320 juta, dengan pengeluaran sebesar Rp311.782.500.

“Selanjutnya, kita telah menunjuk Kantor Akuntan Pubilk (KAP) Biasa Sitepu dan KAP Meliana Pangaribuan untuk mengaudit laporan akhir dana kampanye yang diserahkan kedua pasangan calon ini. Tanggal 22 Desember mendatang, hasil auditnya kita terima,” sebut Pandapotan.

‎Kecilnya penerimaan dan penggunaan anggaran kampanye tersebut, mendapat cibiran dari warga.

Syahroel (60) warga Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan mengaku, tak percaya dengan laporan dana kampanye tersebut. Pihaknya pun meminta agar proses audit laporan dana tersebut dilaksanakan secara baik dan benar.

“Enggak percayalah. Coba saja audit, berapa biaya untuk pasang iklan selama hampir setiap hari di tiga bulan terakhir‎. Biaya iklan itu saja pasti lebih dari situ. Enggak perlu sok bersih. Enggak usah membodoh-bodohi rakyat lah,” ujar Syahroel.

Tak hanya pasangan REDI, ketidakpercayaan akan laporan dana kampanye juga me‎ndera pasangan BENAR. Bina (54) salah seorang PNS di lingkungan Pemprov Sumut, yakin dana yang dihabiskan pasangan BENAR jauh lebih besar dari yang dilaporkan. Apalagi pasangan incumbent ini didukung mesin politik yang besar.

“Harus diperiksa juga sumber-sumbernya itu darimana. KPU dan Pemerintah harus awas terhadap dana-dana yang masuk ke tim pemenangan, karena bisa jadi itu duit rakyat,” tukasnya.‎

‎Untuk diketahui, berdasarkan laporan harta kekayaan kedua kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan itu, Dzulmi Eldin memiliki kekayaan mencapai Rp7.286.806.000 ditambah USD50 Ribu. Sedangkan Wakilnya Akhyar Nasution, memiliki kekayaan hingga Rp 1.221.529.664.

Sementara Ramadhan Pohan, nyaris dua kali lipat lebih kaya dari Eldin. Ramadhan memiliki kekayaan sebesar Rp13.239.033.261 ditambah 85 ribu dolar Amerika. Wakilnya, Eddi Kusuma juga tak kalah kaya. Politisi Partai Gerindra itu memiliki harta kekayaan Rp6.815.375.000 ditambah 36 ribu dolar Amerika tertanggal 4 Agustus. (feb)

Categories: Keuangan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*