6 Cara Untuk Tubuh Tetap Fit Saat Liburan

6 Cara Untuk Tubuh Tetap Fit Saat Liburan

Wah, menanti detik-detik keberangkatan untuk pergi liburan memang sangat menyenangkan, ya. Apalagi kalau liburannya ke negara yang memang sudah lama diimpikan sejak lama.

Tapi tahu tidak apa yang biasanya terlupakan?

Biasanya, saking excited-nya menyiapkan segala keperluan, kita pasti lupa untuk mempersiapkan kebugaran tubuh. Akibatnya, selama perjalanan pasti ada saja rasa tidak enak badan, semacam pusing, pegal-pegal, dan masuk angin.

Lebih parah lagi kalau memang pergi liburan ketika sedang musim dingin. Jangan salah, meskipun sudah menerima suntikan Vitamin C dan vaksin lainnya, terkadang tubuh kita yang terbiasa dengan iklim tropis tidak kuat menahan suhu yang rendah.

Asyiknya jalan-jalan selama liburan, melancong ke sana ke mari pasti bisa membuat kita lupa untuk menjaga diri.

Nah, bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak yuk tips yang bisa kamu ikuti berikut ini.

  1. Tidur cukup sebelum dan selama perjalanan

Terdengar mudah memang, tapi nyatanya sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang terbiasa selalu terjaga dalam perjalanan.

Mempersiapkan semua barang untuk liburan, memang deh selalu bikin kita lupa jaga kesehatan. Padahal kan tubuh yang fit jadi faktor utama kebahagiaan yang akan kita raih selama traveling nanti.

Nah, demi efisiensi waktu, coba untuk packing dari jauh hari. Jadi, malam sebelum keberangkatan kita sudah siap dengan semua hal dan bisa tidur tenang.

Kalaupun ada barang yang ketinggalan dan harus bongkar pasang ya setidaknya akan memakan waktu lebih sedikit.

Selama perjalanan pun usahakan untuk tidur, apalagi dalam long haul flight. Kalau susah, coba bantu tubuh kamu dengan mengurangi kafein, minum susu hangat, dan dengarkan musik yang menenangkan.

  1. Siaga terhadap motion sickness

Kondisi itu ditandai dengan gejala sakit yang muncul akibat gerakan-gerakan yang tidak biasa dialami. Misalnya, saat menaiki kapal, perahu, atau pesawar terbang.

Tubuh yang fit saja sangat mungkin mengalami motion sickness. Apalagi yang tidak fit. Gejala yang dialami biasanya adalah mual, sakit kepala, badan menjadi dingin seketika, bahkan hingga muntah.

Ada satu cara untuk mengatasi ini. Pertama usahakan untuk mengarahkan pandangan ke langit luar. Kedua, hindari untuk memandang terlalu fokus pada ombak atau bermain gadget maupun membaca sesuatu.

  1. Kurangi makanan pedas

Memang, kita semua tahu bahwa sebagian orang tidak merasa sudah makan kalau belum makan makanan pedas. Kurangi juga makanan yang mengandung gas tinggi.

Baiknya, perbanyak makanan yang mengandung serat dan gizi tinggi. Jangan lupa juga konsumsi air putih yang cukup.

Selama liburan, dehidrasi ringan saja bisa sangat mengganggu, lho. Usahakan untuk selalu makan buah dan sayuran, supaya pencernaan juga lancar.

  1. Hindari soda

Yang namanya traveling atau liburan, akan banyak sekali godaan untuk mengonsumsi sesuatu yang tidak sehat. Terutama soda.

Padahal yang dibutuhkan tubuh kita untuk tetap fit hanyalah air putih yang cukup. Secara, selama kita liburan kan pasti banyak sekali kegiatan fisik yang dilakukan. Dan itu pasti menguras banyak cairan tubuh. Karenanya, kurangi soda dan minuman yang terlalu manis agar traveling berjalan lancar.

  1. Jagalah kebersihan tangan

Kita tidak tahu apa saja yang sudah terjadi di handle pintu toilet pesawat, atau kursi pesawat, maupun tray makan selama penerbangan. Begitu pula halnya di dalam bandara.

Bayangkan sudah berapa juta orang yang ada di sana dan mentransfer bakteri dari tangan satu ke tangan lainnya. Karena itu, usahakan selalu mencuci tangan sebelum makan atau menggunakan make-up.

Hand sanitizer juga akan sangat membantu. Namun, ada baiknya digunakan pada saat-saat tertentu saja supaya tubuh kita juga kuat dan memproduksi sistem imun yang bisa beradaptasi.

  1. Hindari stress

Stres juga bisa memicu tubuh kamu jadi lebih rentan dengan penyakit, lho. Makanya, sebisa mungkin selalu tenang dalam menghadapi masalah.

Sempatkan juga untuk berolahraga di sela-sela waktu yang ada. Olahraga kecil-kecilan saja. Yoga misalnya. Ini bisa membantu tubuh dan pikiran kamu jadi lebih rileks.

Alokasikan juga waktu yang cukup untuk beristirahat. Jangan buat jadwal jalan-jalan yang terlalu padat. Karena, pada intinya kan kamu liburan untuk bersenang-senang. Jangan terlalu memaksakan diri, ya.

Itu dia tadi tips untuk liburan sehat dengan tubuh yang lebih fit. Jadi liburan jadi lebih senang, aman dan tenang.

Jangan lupa juga untuk selalu cek tiket online pesawat agar bisa mendapatkan tiket murah maupun tiket promo. Bahagia kan kalau ada yang jual tiket lebih murah dari pada biasanya.

Nah, sekarang kan serba mudah. Apalagi untuk mencari harga tiket murah dan hotel online bisa cek di Reservasi.com. Yuk, cek sekarang. Ikuti tips di atas juga untuk liburan yang lebih menyenangkan. Semoga membantu!

Categories: Artikel

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*