17 Februari, Bupati Dan Wali Kota Terpilih Dilantik Serentak

17 Februari, Bupati Dan Wali Kota Terpilih Dilantik Serentak

IndoElection.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan jadwal pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih tahap I akan digelar serentak pada 17 Februari mendatang di Provinsi dan daerah masing-masing.

“Kecuali untuk Kalimantan Tengah, yang melantik Mendagri, karena penjabat Gubernurnya masih Plt (Pelaksana Tugas),” ujar Tjahjo di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Jumat 5 Februari 2016.

Usai dilantik, para Kepala Daerah dan wakilnya tersebut akan diundang ke Istana Negara, Jakarta. Mereka akan diberikan arahan oleh Presiden dan sejumlah Menteri terkait serta petinggi negara lainnya.

“Setelah dilantik para Bupati dan Wali kota akan kita undang ke Jakarta, mendengarkan arahan Presiden, Menko terkait, KPK, BIN dan lain-lain sebagainya supaya pola pikirnya komprehensif. Kemudian mereka akan mengikuti diklat di Lemhanas,” ujar Tjahjo.

Sebelum pelantikan Bupati dan Wali kota, Pemerintah rencananya juga akan melantik terlebih dulu para Gubernur dan Wakil Gubernur tepilih pada 12 Februari mendatang, di Istana Negara, Jakarta.

Sementara itu bagi daerah yang masih menjalani sidang sengketa Pilkada. Pemerintah merencanakan akan melantik kepala daerah terpilih tersebut secara serentak juga, pada Maret atau usai Mahkamah Konstitusi mengeluarkan putusan final sengketa Pilkada. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*